Silabus dan RPP Fisika SMA

Membuat Perangkat Pembelajaran bagi seorang guru pemula, palagi calon guru seperti saya mungkin masih terbilang sangat ribet atau sangat merepotkan. untuk membantu teman-teman dalam mengerjakan saya sediakan contoh silabus dan RPP fisika di bawah ini.
Semoga Bermanfaat.
:-)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                        : FISIKA
Materi Pokok                          : Termodinamika
Pertemuan / waktu                  : Pertama - ketiga / 6 x 45 menit
Standar Kompetensi
9. Menerapkan konsep termodinamika dalam mesin kalor
Kompetensi Dasar
9.2 Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika
Indikator
o   Menganalisis keadaan gas karena perubahan suhu, tekanan dan volume
o   Mendeskripsikan usaha, kalor dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
o   Menganalis perubahan gas ideal berdasarkan grafik tekanan – volume (P – V)

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.      Menganalisis keadaan gas karena perubahan suhu, tekanan dan volume
2.      Mendeskripsikan usaha, kalor dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
3.      Menganalisis perubahan gas ideal berdasarkan grafik tekanan–volume(P– V)
4.      Menyelesaikan latihan-latihan soal yang berkaitan dengan hukum termodinamika
5.      Menjelaskan hukum I termodinamika  dan penerapanya dalam kehidupan sehari-hari
6.      Menjelaskan  siklus Carnot
7.      Mendeskripsikan prinsip kerja mesin carnot sesuai dengan hokum I Termodinamika
8.      Menentukan efisiensi siklus Carnot dalam latihan-latihan soal
9.      Mengaplikasikan hukum II termodinamika pada masalah fisika sehari-hari
10.  Merumuskan proses reversibel dan irreversibel
11.  Menjelaskan  prinsip kerja mesin pendingin sesuai dengan hukum II Termodinamika

B.     Materi Pembelajaran
Usaha dan Proses dalam Termodinamika (Hlm. 242)

C.     Media Belajar
-       Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI
D.    Metode Pembelajaran
1.      Model              : Cooperative Learning
2.      Metode            :  -     Ceramah
-       Diskusi kelompok
-       Eksperimen
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran Siswa
F.       
PERTEMUAN PERTAMA ( 6 X 45)
1.      Pendahuluan (15 menit)
o   Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
2.      Kegiatan Inti (65 menit)
o   Memahami Peta konsep Termodinamika
o   Memahami Pengertian Usaha, kalor, dan energi dalam
o   Memformulasikan pada proses isobarik
o   Memahami dan memformulasikan proses isobarik
o   Memahami dan memformulasikan proses isokhorik
o   Memahami dan memformulasikan proses isothermal
o   Memahami dan memformulasikan proses adiabatik
o   Mempelajari contoh soal 11.1 s.d 11.4
3.      Penutup (5 menit)
o   Memberikan kesimpulan bahwa  Usaha yang dilakukan oleh sistem sama dengan luas daerah di bawah grafik p-V dengan batas volume awal V1 sampai dengan volum akhir V2




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Termodinamika
Pertemuan / waktu         : Keempat / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika

B.    Indikator
o    Memformulasikan hukum I termodinamika dan penerapannya

C.    Materi Essensial
Hukum I Termodinamika (Hlm. 247)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
  1. Pendahuluan (15) menit
3.2  Mengulang materi pertemuan sebelumnya (5 menit)
  1. Kegiatan Inti (80 menit)
o    Memahami hukum pertama termodinamika
o    Memepeljari perubahan energi dalam
o    Menyebutkan beberapa aplikasi hukum I termodinamika pada proses isobarik, Isokhorik, isothermal, dan  adiabatik
o    Mempelajari kapasitas kalor pada berbagai suhu
o    Mempelajari contoh soal 11.5 s.d 11.6
  1. Penutup ( 5 menit)
o    Memberikan kesimpulan bahwa perubahn enegi dalam hanya bergantung pada keadaan awal dan keadaan akhir, dan tidak bergantung pada proses bagaimana keadaan sistem berubah




  1. Pendahuluan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya




  1. Kegiatan Inti
o    Memahami hukum pertama termodinamika
o    Memepeljari perubahan energi dalam
o    Menyebutkan beberapa aplikasi hukum I termodinamika pada proses isobarik, Isokhorik, isothermal, dan  adiabatik
o    Mempelajari kapasitas kalor pada berbagai suhu
o    Mempelajari contoh soal 11.5 s.d 11.6


(80 menit)

o     

(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    -





Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Termodinamika
Pertemuan / waktu         : Kelima / 2 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika

B.    Indikator
o    Memformulasikan siklus Carnot

C.    Materi Essensial
Siklus Termodinamika (Hlm. 251)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan (5 menit)
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya
  1. Kegiatan Inti (80 menit)
o    Memahami siklus Carnot
o    Mempelajari mesin kalor
o    Memformulasikan kalor yang dipergunakan mesin   W = Q1Q2
o    Memformulasikan efisiensi mesin kalor 
o    Mempelajari dan memformulasikan Efisiensi Siklus Carnot  
  1. Penutup (5 menit)
o    Memberikan kesimpulan bahwa siklus carnot merupakan dasar dari mesin ideal, yaitu mesin yang memilikiefisiensi tertinggi
o    Efisiensi thermal mesin kalor adalah nilai perbandingan antara usaha yang dilakukan dan kalor yang diserap dari sumber suhu tinggi selama satu siklus.
o     

4.     Tugas Rumah

Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Termodinamika
Pertemuan / waktu         : Keenam - kedelapan / 6 x 45 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika

B.    Indikator
o    Mengaplikasikan hukum II termodinamikapada masalah fisika sehari-hari
o    Merumuskan proses reversibel dan irreversibel
o    Mendeskripsikan prinsip kerja mesin pendingin

C.    Materi Essensial
Hukum II Termodinamika (Hlm. 253)

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(15 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Memahami hukum kedua termodinamika
o    Mempelajari pengertian entropi
o    Memahami prinsip mesin pendingin
o    Mempelajari contoh soal 11.7 s.d 11.10
o    Mengerjakan soal latihan 11. hlm. 258


(240 menit)

  1. Penutup
o    Kalor mengalir secara spontan dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah dan tidak mengalir secara spontan dalam arah berkebalikan


(15 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o   




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran              : FISIKA
Materi Pokok                : Termodinamika
Pertemuan / waktu         : Kesembilan / 2 x 45 menit
Metode                         : Mengerjakan soal

A.    Kompetensi Dasar
3.2  Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan hukum termodinamika

B.    Indikator
o    Menganalisis keadaan gas karena perubahan suhu, tekanan dan volume
o    Mendeskripsikan usaha, kalor dan energi dalam berdasarkan hukum utama termodinamika
o    Menganalis perubahan gas ideal berdasarkan grafik tekanan – volume (P – V)
o    Memformulasikan hukum I termodinamika dan penerapanya
o    Memformualsikan siklus Carnot
o    Mendeskripsikan prinsip keerja mesin carnot
o    Mengaplikasikan hukum II termodinamikapada masalah fisika sehari-hari
o    Merumuskan proses reversibel dan irreversibel
o    Mendeskripsikan prinsip kerja mesin pendingin

C.    Materi Essensial
o    SOAL EVALUASI BAB 11

D.    Media Belajar
o    Buku FISIKA SMA Supiyanto Kelas XI

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

  1. Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan
o    Mengulang materi pertemuan sebelumnya


(5 menit)

  1. Kegiatan Inti
o    Mengerjakan soal evaluasi bab 11. Hlm. 261


(80 menit)

  1. Penutup
o    Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal latihan dari buku lain.


(5 menit)

  1. Pekerjaan Rumah
o    -




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Jakarta,        
Guru Mata Pelajaran



(                                          )








0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates